NYANYIAN PENA

Kiat Jitu menjadi Penulis Buku!!

Posted on: Juni 7, 2010

Mungkin saya perlu sedikit menceritakan pengalaman saya sebelum menjadi penulis di Elexmedia Komputindo. Sekitar tahun 2000, saya pernah mengajukan naskah buku tentang Adobe Photoshop versi 5.0 ke penerbit Dinastindo. Setelah dikoreksi, pihak Dinastindo kurang tertarik dengan tulisan saya. Mungkin ada beberapa pertimbangan mengapa mereka menolak proposal naskah saya yaitu: saya belum berpengalaman menjadi penulis, tata cara penulisan masih sangat awam, atau tema yang diajukan kurang menarik. Saya memaklumi penolakan tersebut dengan berbagai pertimbangan.

Saya tidak putus asa dan berkecil hati dengan keputusan tersebut. Dua bulan setelah gagalnya proposal naskah di Dinastindo, saya mencoba mendatangi langsung ke kantor Elexmedia di Palmerah. Saya ditanya maunketemu siapa, saya agak kikuk bingung mau jawab apa. Saya jawab: ” mau mengirimkan naskah tentang komputer. Singkat cerita, akhirnya saya ketemu dengan pihak Elexmedia. Dan proposal naskah diterima untuk dipelajari dan dikoreksi. Saya menunggu sekitar 3 minggu untuk mengetahui diterima atau tidaknya naskah tersebut. Memasuki minggu keempat sejak proposal naskah dikirim, naskah tersebut belum bisa diterima dengan alasan masih teoritis. Perlu banyak perbaikan.

Akhirnya proposal naskah yang ketiga diterima oleh pihak Elexmedia. Dan saya diberi waktu sekitar 1 – 1,5 bulan untuk menyelesaikan naskah sampai selesai. Jadi, naskah yang dikirim tidak perlu harus selesai semua. Cukup daftar isi, kata pengantar, sinopsis, dan salah satu bab dari bab yang ada. Misalnya buku tersebut terdapat 10 bab, maka kita harus menyelesaikan salah satu dari bab itu (bab 1, bab 2, bab 3, dst) yang penting pembahasan dalam bab tersebut selesai.

Setelah naskah selesai semua, mereka masih mengeditnya. Butuh beberapa bulan sampai akhirnya dibuat surat perjanjian antara Penerbit dengan Penulis. Tak terbayangkan betapa bahagianya diriku menandatangani perjanjian kontrak dengan penerbit buku terbesar di Indonesia.

Ketika buku tersebut terbit, saya mendapatkan fee sebesar 25% dari total semua (misal harga buku Rp. 25.000 x 3000 jumlah cetakan x 10% royalti). Jika dihitung, 75 jt x 10% = 7,5 jt. Nah, saya mendapatan 25% dari 7,5 jt. Wah bahagianya saat itu.

Untuk pembayaran berikutnya, menunggu buku laku terjual selama 6 bulan (biasanya laporan penjualan Agustus dan ditransfer September/Nopember). Biasanya laporan penjualan Bulan Januari dan September tiap tahunnya.Mudah-mudahan cerita tersebut bermanfaat untuk memberi “support” agar tidak berputus asa dalam segala hal.

Alhamdulillah, pihak Elexmedia memberikan kepercayaan ke saya untuk “mengajak” rekan-rekan yang ingin menulis bidang komputer. Tugas saya hanya memberikan rekomendasi ke pihak Elexmedia, sedangkan berhasil atau tidaknya tergantung isi naskah dan ketertertarikan pihak Elexmedia untuk menerbitkan buku tersebut. Saya tidak mengharapkan apapun dari pihak Elexmedia ataupun calon penulis, dan saya bukan “calo:. Manfaatkan kesempatan tersebut selagi ada.

Beberapa contoh file yang bisa didownload.

CONTOH-Proposal Naskah Joomla
CONTOH-Matriks_Perencanaan_Joomla
CONTOH-Kata_Pengantar
CONTOH-Daftar_Isi
CONTOH-Bab7_Mengelola_Menu

Jika telah berhasil mendownload dan mempelajarinya, silakan kirim contohnya salah satu bab tuntas ke email saya: info@slametriyanto.net. Hal ini untuk mengetahui format dan tata bahasa yang baku untuk penulisan buku sehingga mempermudah proses selanjutnya. Jika standar tata bahasa yang diinginkan pihak Elexmedia tidak terpenuhi, kemungkinan naskah buku akan dikembalikan untuk direvisi atau bahkan ditolak.

Mudah-mudahan saya dapat membantu memeriksa tata bahasa dan cara penyajian yang baik menurut standar yang diinginkan pihak Elexmedia.

Salam,

Slamet Riyanto

Sumber: http://slametriyanto.net/bagaimana-cara-menjadi-penulis-buku/

2 Tanggapan to "Kiat Jitu menjadi Penulis Buku!!"

Pak. maukah bpk membaca naskah aku.. tapi fiksi.
Aq sedang buat cerita yg ingin di novelkan. Ingin skali aku krmkan k garsindo, sm sprt elexmedia. tdk perlu semuanya..

Dengan senang hati bila bapak meresponnya. Thx..

Dengan senang hati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: