NYANYIAN PENA

8 LANGKAH SEDERHANA MENULIS BUKU

Posted on: Mei 22, 2008

8 LANGKAH SEDERHANA MENULIS BUKU

(Studi Kasus Penulisan Buku “Ngerokok Bikin Kamu ‘Kaya’”

Langkah Kedua: Membuat Judul Tentatif

Setelah menentukan tema tulisan, langkah kedua yang saya lakukan adalah membuat judul tentatif (sementara). Dengan adanya judul tentatif ini, harapan saya, buku yang akan saya tulis pembahasannya jadi lebih terarah dan tidak lari ke mana-mana. Dan perlu Anda ketahui, sekarang ini saya punya buku saku yang berisi judul-judul tentatif yang ingin saya kembangkan menjadi sebuah buku (tulisan). Kira-kira ada 50-an judul yang sudah saya koleksi. Sebagiannya telah dilengkapi dengan bab-bab yang akan dibahas dalam buku itu.

Kembali ke masalah judul. Dalam membuat judul, saya ingin dengan judul yang saya ini membuat orang tertarik pada pandangan pertama. Harapan saya, begitu begitu membaca judul buku saya, orang akan tertarik untuk membaca isinya. Paling tidak menimbulkan rasa penasaran. ”Masak sih….”.

Nah, untuk itu, salah satu trik yang biasanya saya pakai ialah membuat judul yang mungkin bisa dibilang agak kontroversial dan menimbulkan kesan aneh atau ganjil. Sehingga buku saya ini ketika itu saya beri judul: Menjadi Kaya Dengan Me-Rokok. Dan ternyata cukup berhasil. Sebagian kawan, begitu membaca judul buku saya ini langsung tertarik untuk mengetahui maksudnya. ”Masak sih merokok bisa bikin kaya?”, demikian tanya mereka. Dan hal ini wajar. Sebab memang aneh. Di mana-mana yang namanya merokok itu bikin miskin plus banyak penyakit. Tapi, kenapa kok dikatakan merokok bisa bikin kaya? Nah!

3 Tanggapan to "8 LANGKAH SEDERHANA MENULIS BUKU"

hhmm ak boleh tanya gak?
aku pernah liat persyaratan naskah dari sebuah penerbit buku, katanya tulisan si penulis rata” harus 100-200 halaman.
yag pgn aku tanya, 100 halaman itu untuk ukuran kertas a4? atau untuk ukuran kertas bukunya? makasiiiih🙂

Setauku ukuran A4

wow berarti bnyak banget ya… ak kira 100 lembar itu untuk ukuran bukunya yang nanti diproduksi.😮

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: